cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 18584543     EISSN : 26156091     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2019): Maret 2019" : 12 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Prakarya dan Kewirausahaan Siswa I Komang Ardana
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v3i1.17102

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan model pembelajaran Discovery  Learning mata pelajaran Prakarya dan kewirausahaan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yang akan dijadikan penelitian adalah siswa kelas XI Tata Boga 4 SMK N 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 41 orang Laki-laki 25 orang dan Perempuan 16 orang Sedangkan obyek penelitian adalah Motivasi siswa dan Prestasi belajar. Data mengenai prestasi belajar siswa yang dikumpulkan pada akhir setiap siklus dengan menggunakan tes. Data mengenai Motivasi belajar yang dikumpulkan dengan menggunakan lembar angket motivasi belajar berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa kelas XI  Tata Boga 4 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017
Penerapan Model Pembelajaran Role Play pada Mata Pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa I Gusti Ayu Made Sukelasmini
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v3i1.17104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan  hasil belajar siswa kelas XI A 5 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diterapkannya model pembelajaran  role play pada mata pelajaran pengolahan dan penyajian makanan kontinental. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI A 5 SMK Negeri 2 Singaraja semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36  orang yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.. Sedangkan objeknya adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role play pada siswa kelas XI A 5 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018 mata pelajaran pengolahan dan penyajian makanan kontinental dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil aktivitas belajar siswa yaitu 8 siswa atau 22% siswa berkatagori aktif, 21 siswa atau 58% berkatagori cukup aktif, dan 7 siswa atau 20% berkatagori kurang aktif. Pada siklus II menjadi 2 siswa atau 5.5% siswa berkatagori sangat aktif, 22 siswa atau 61% berkatagori aktif, dan 12 siswa atau 33.5% berkatagori cukup aktif. Untuk rata- rata hasil belajar siklus I yaitu sebesar 79.29 dan siklus II meningkat sebesar 83.19
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Ida Bagus Widana Siswaya
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v3i1.17105

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada Peserta didik kelas XI Boga 2 SMK Negeri 2 Sigaraja tahun pelajaran 2017/2018.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (guru sebagai peneliti) dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI Boga 2 SMK Negeri 2 Sigaraja tahun pelajaran 2017/2018., berjumlah 39 orang dengan 21 orang putra dan 18 orang putri. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif.Berdasarkan hasil analisis data didapatkan rata-rata aktivitas belajar lompat jauh gaya jongkok secara klasikal pada observasi awal 6,2(cukup aktif), pada siklus I meningkat menjadi 6,9 (cukup aktif), dan 7,1 (aktif) pada siklus II. Sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar kompetensi pengetahuan dari observasi awal sebesar 10,3% (tuntas), pada siklus I menjadi 74,3%(tuntas) dan 92,3%(tuntas) pada siklus II. Peningkatan hasil belajar secara signifikan juga terjadi pada kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik kelas XI Boga 2 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2017/2018. Disarankan kepada guru PJOK agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar lompat jauh peserta didik. Kata Kunci: Model pembelajaran, kooperatif, NHT, aktivitas, hasil belajar, lompat  jauh.
Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Game Puzzle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kantor Depan (Reservasi) Luh Suardani
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v3i1.17106

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar  dan  pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran kantor depan (reservasi) Kelas XI AP4 SMK Negeri 2 Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif berbantuan media game puzzle. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI AP 4 SMK Negeri 2 Singaraja dengan jumlah siswa 40 orang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Sedangkan objeknya adalah motivasi belajar dan pemahaman belajar siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan angket/kuesioner, sedangkan data pemahaman belajar siswa dikumpulkan dengan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif berbantuan media game puzzle dapat meningkatkan motivasi belajar  dan  pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran kantor depan (reservasi) kelas XI AP4 SMK Negeri 2 Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Kata kunci: metode pembelajaran kooperatif, media game puzzle, motivasi belajar, pemahaman belajar siswa
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Tata Graha Ni Luh Sutiari
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v3i1.17107

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran tata graha melalui model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) di kelas XI  Akomodasi Perhotelan 1 SMK Negeri 2 Singaraja. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas XI  Akomodasi Perhotelan 1 SMK Negeri 2 Singaraja. Sedangkan objeknya adalah aktivitas dan prestasi belajar siswa. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mata pelajaran tata graha pada siklus I diperoleh hasil rata-rata 40% meningkat menjadi 72% pada siklus II, dan 2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran tata graha sesuai dengan hasil tes pada siklus I diperoleh rata-rata 75,80% meningkat menjadi 88% pada siklus II. Kata kunci: aktivitas belajar siswa, prestasi belajar, TAI (Team Assisted Individualization).
Implementasi Post To Post Physics Adventure untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa I Kadek Darsika Aryanta
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v3i1.17109

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi fisika siswa, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran post to post physics adventure (P3A). Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 SMA Negeri Bali Mandara tahun pelajaran 2016/2017 semester I yang berjumlah 23 orang terdiri dari 11  siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi dan tanggapan siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran, dengan tahapan-tahapan dalam tiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dimaksud adalah skor siswa yang diperoleh dalam mengerjakan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi yang berjumlah 10 soal essay. Data tanggapan siswa dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Penelitian ini dikatakan berhasil jika rata-rata nilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa   75, dengan ketuntasan klasikal   85%, dan tanggapan siswa minimal berkategori positif. Data yang telah terkumpul tersebut, selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis menunjukkan 1) nilai rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada siklus I sebesar 72,60 dengan ketuntasan klasikal 72% dan pada siklus II sebesar 78,40 dengan ketuntasan klasikal 88% ;2) tanggapan siswa terhadap penerapan P3A dalam pembelajaran fisika adalah dengan skor rata-rata sebesar 84,64 dan berada pada kategori positif. Kata kunci: Post to Post Physics Adventure, Kemampuan berpikir tingkat tinggi
Pengaruh Kegiatan Awal Pembelajaran, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Prayogi Adinoto
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v3i1.17110

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh varibel bebas (kegiatan awal pembelajaran, disiplin belajar dan  motivasi belajar) secara parsial dan simultan terhadap variabel terikat (prestasi belajar) siswa, (2) Variabel bebas yang paling dominan  berpengaruh terhadap variabel terikat (prestasi belajar) siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan berbentuk kausalitas. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XII Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN Ihya’ Ulumudin Kabupaten Banyuwangi pada Tahun Pelajaran 2016-2017 dengan jumlah populasi sebanyak 71 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji normalitas, uji heteroskedastisitas dan uji multikolinieritas. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda,uji F statistik dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Varibel bebas secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat, (2) Variabel bebas yang paling dominan  berpengaruh terhadap variabel terikat adalah variabel kegiatan awal pembelajaran sebesar 27,04 %, diikuti disiplin belajar sebesar 15,066 % dan motivasi belajar sebesar 14,229 %. Simpulan dari penelitian ini adalah kegiatan awal pembelajaran,disiplin belajar dan motivasi belajar harus terus dilakukan dan ditingkatkan kualitasnya dengan sungguh-sungguh dan konsisten untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Kata kunci: prestasi belajar siswa,kegiatan awal pembelajaran, disiplin belajar,motivasi belajar
Implementasi Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Materi Pokok Pasta Luh Sari
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v3i1.17111

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XIA5 di  SMK N 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017 pada materi  pelajaran menganalisis, mengolah dan menyajikan hidangan pasta dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization  (TAI). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI A5 di SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 39 orang ( 18  ) orang siswa perempuan dan ( 21 ) orang siswa laki-laki ). Sedangkan objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran TAI. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa yang telah dipersiapkan, sedangkan data hasil belajar siswa yaitu menggunakan tes esay. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental kelas XI A5 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017. Kata kunci: model pembelajaran TAI, aktivitas belajar, hasil belajar siswa
Peranan Biaya Kualitas dalam Mendukung Pengendalian Kualitas Produk pada UD. Mutiara Rasa Jember Isnay Jannatur Rizka
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v3i1.17113

Abstract

Penelitian mengenai Peranan Biaya Kualitas Dalam Mendukung Pengendalian Kualitas Produk Pada UD. Mutiara Rasa Jember merupakan studi kasus pada perusahaan. Tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui Laporan Biaya Kualitas dalam mendukung Pengendalian Kualitas Produk pada UD. Mutiara Rasa Jember. Metode penelitian laporan data yang digunakan dengan cara mengidentifikasi biaya-biaya untuk menyusun laporan biaya kualitas. Dari hasil laporan biaya kualitas yang diperoleh informasi bahwa biaya kualitas total besarnya berbeda dan cenderung menurun terhadap presentase penjualan. Hasil penelitian menunjukan bahwa usaha peningkatan kualitas, dari pada melakukan kesalahan atau pengerjaan ulang lebih baik melakukan tindakan-tindakan pencegahan untuk mdenghindari kualitas rendah. Sehingga perusahaan dapat meningkatkan atau mempertahankan kepuasan konsumen. Kata kunci: Kualitas, Peranan Biaya Kualitas, Pengendalian Kualitas Produksi
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ilmu Gizi Siswa Ni Made Muliartini
Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 3 No. 1 (2019): Maret 2019
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jipp.v3i1.17114

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar ilmu gizi siswa kelas X Tata Boga 3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X tata boga 3 SMK N 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 40 orang. Sedangkan objeknya adalah motivasi dan prestasi belajar siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan lembar kuesioner, sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X tata boga 3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata motivasi belajar siklus I sebesar 52.62 dan 58.5 yang berkatagori positif pada siklus II. Untuk rata- rata hasil belajarpada siklus I sebesar 72.25, Pada siklus II menjadi sebesar 80.12. Kata kunci: prestasi belajar, model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division, motivasi belajar

Page 1 of 2 | Total Record : 12